ULASAN 2 : FREE SOFTWARE DAN PENDIDIKAN

Free Software Movement merupakan salah satu gerakan yang ikut mewarnai jagad perkembangan teknologi informasi di era modern ini. Pada ulasan ini, penulis akan mengulas sebuah video mengenai Free Software dan kaitannya dengan pendidikan teknologi informasi di sekolah dari sudut pandang penggagas Free Software. Video yang diulas berjudul 'Free Software and Education' yang diunggah oleh Onur ┼×aner pada 14 Mei 2012 dan berdurasi 6 menit 11 detik. Video tersebut dapat diakses di https://youtu.be/pfty3d4NnEw .Presenter dalam video ini adalah Richard Stallman yang merupakan salah satu pendiri Free Software Movement.

Menurut Richard Stallman, Free Software merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan menghargai kebebasan dan solidaritas sosial user karena user diperbolehkan mengakses source code Free Software untuk dipelajari dan dikembangkan lebih lanjut. Richard Stallman mengkritik Non Free Software karena menyebabkan user tidak memahami cara kerja suatu perangkat lunak dan tidak dapat membuat modifikasi yang diperlukan terhadap perangkat lunak tersebut. Menurutnya, Free Software memberikan beberapa kebebasan kepada user, antara lain kebebasan menjalankan program untuk tujuan apapun, kebebasan mempelajari dan mengubah source code program, dan kebebasan memperbanyak dan menyebarkan program yang sama ataupun hasil modifikasi kepada masyarakat.

Richard Stallman berpendapat bahwa pengajaran teknologi informasi di lingkungan akademis harus sepenuhnya menggunakan Free Software karena Free Software mendorong pelajar untuk mempelajari source code dan mengubah program sesuai keperluan mereka sehingga pembelajaran teknologi informasi, khususnya terkait dasar-dasar pemrograman, akan lebih efektif diajarkan. Penggunaan Free Software di lingkungan akademis juga diharapkan akan mempromosikan nilai-nilai gotong royong (solidaritas sosial) di antara pelajar.

Menurut penulis, ide mengenai Free Software merupakan salah satu ide yang menarik karena dalam sejarahnya Free Software muncul sebagai sebuah ketidakpuasan terhadap Propietary Software yang dianggap kurang menguntungkan user. Akan tetapi, keharusan menggunakan free atau non free software sebaiknya diserahkan kepada preferensi user. Akhir kata, perlu disampaikan bahwa Free Software bukan berarti software yang gratis akan tetapi merupakan sebuah konsep software yang dibuat dalam rangka melindungi kebebasan user terkait kebebasan mengakses, mengubah, memperbanyak, dan menyebarluaskan source code suatu software.

Github Account: lintangmataharihasani
URL Ulasan: http://oslintangmatahari.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-free-software-dan-pendidikan.html
URL Konten Youtube: https://youtu.be/pfty3d4NnEw (Durasi: 6 menit 11 detik)
Pemetaan konten pada materi week01
Submisi Revisi Pertama: 10/05/2017 14:15 WIB [REV 0]
Submisi Revisi Terakhir: 10/05/2017 14:15 WIB [REV 0]


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ULASAN 1 : MENGENAL SISTEM OPERASI

RANKING00