ULASAN 1 : MENGENAL SISTEM OPERASI

Sistem operasi merupakan salah satu konsep yang sangat mendasar dalam dunia teknologi informasi. Pada ulasan kali ini, penulis akan mengulas mengenai video yang membahas pengertian sistem operasi dan mengapa konsep sistem operasi sangat penting bagi perkembangan teknologi informasi kini. Video yang diulas berjudul 'Computer Software : Operating System-Basics (03:03)' yang diunggah oleh Mr. Ford's Class pada 29 Mei 2014 silam dan dapat diakses di URL berikut: https://youtu.be/kSSY1jzpARE . Durasi video adalah sepanjang 9:02 menit dan presenter video adalah Scott Ford,M.Ed yang merupakan seorang pegiat pendidikan berkebangsaan Amerika Serikat.

 Operating System merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai user interface, pengatur hardware, dan pemberi struktur akses untuk aplikasi. Tanpa adanya operating system, mustahil suatu program dijalankan oleh komputer. Di dalam operating system terdapat suatu File System yang berperan mengatur data yang diproses (data organizing). Operating System yang berbeda umumnya mengimplementasikan File System yang berbeda pula. Sebagai contoh, Windows mengimplementasikan NTFS (New Technology File System) yang dinilai aman dan mutakhir sedangkan Mac mengimplementasikan HFS (Hierarchical File System) yang mampu membaca hard drive NTFS.

Konsep lain dalam Operating System yang tidak kalah pentingnya adalah User Interface. Hal ini terkait dengan bagaimana cara komputer dan user saling berinteraksi, khususnya dalam pengoperasian komputer oleh user. Secara garus besar terdapat dua jenis User Interface, yakni Command Line Interface yang menerima perintah berbasis teks dan Graphical User Interface (GUI) yang berbasis representasi grafis.

Menurut penulis, operating system merupakan suatu hal yang sangat penting dalam komputer karena perannya sebagai "jembatan" antara user dengan komputer itu sendiri (hardware dan software). Secara garis besar, operating system yang baik adalah yang memiliki interaksi user yang baik, khususnya yang berbasis GUI, sehingga memudahkan user dalam mengoperasikan komputer. Operating System juga haruslah memiliki suatu pengorganisasian file yang memiliki skalabilitas tinggi dan menerapkan security best practice.

Github Account: lintangmataharihasani
URL Ulasan: http://oslintangmatahari.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-mengenal-sistem-operasi.html
URL Konten Youtube: https://youtu.be/kSSY1jzpARE (Durasi: 9:02 menit)
Pemetaan konten pada materi week00
Submisi Revisi Pertama: 09/05/2017 22:40 WIB [REV 0]
Submisi Revisi Terakhir: 09/05/2017 22:40 WIB [REV 0]




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09

RANKING07

RANKING05